Video Viral Kemacetan Panjang di TOL saat Mudik, Ini Jawaban Jasa Marga

Video Viral Kemacetan Panjang di TOL saat Mudik, Ini Jawaban Jasa Marga
Ilustrasi. Kepadatan kendaraan di pintu masuk TOL Cililitan, Jakarta. (Foto: kst)

Forumterkininews.id, Jakarta -Beredar sebuah video amatir warga yang menunjukkan kemacetan panjang atau kepadatan kendaraan itu viral di media sosial. Dalam keterangannya, kemacetan itu diduga terkait peningkatan arus mudik lebaran Idul Fitri 2022 di sejumlah jalan tol.

Berdasarkan rekaman dalam video tersebut, nampak terjadi kemacetan yang cukup panjang. Kemacetan itu hanya terjadi pada satu arah dan arah sebaliknya ramai lancar.

Setelah viral, video tersebut menjadi perbincangan warganet terkait penanganan pemerintah dalam mudik.

Menanggapi video tersebut, Corporate Communication and Community Development Group Head, Dwimawan Heru Santoso mengatakan bahwa video itu bukanlah kemacetan arus mudik Idul Fitri 1443 hijriah pada tahun ini.

Video itu diambil sebelum bulan Ramadhan di salah satu tol di Jakarta. Namun ia membenarkan terjadi kemacetan panjang.

“Terkait dengan video yang beredar luas hari ini dan dipersepsikan sebagai kepadatan lalu lintas jalan tol pada akhir pekan ini jelang musim mudik lebaran 2022,” kata Dwimawan Heru dalam keterangannya, Senin (25/4).

“Kami sampaikan bahwa video tersebut diambil di Jalan Tol Jagorawi Km 34 arah Jakarta pada 27 Maret 2022 sebelum bulan puasa,” sambungnya.

Ia mengatakan bahwa pada saat itu terjadi kepadatan lalu lintas arah Jakarta yang merupakan imbas dari lalu lintas one way dari wilayah Puncak menuju ke arah Jakarta.

Hal tersebut, kata dia, berdampak pada sejumlah jalan tol yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jagorawi. “Di antaranya Jalan Tol JORR yang terintegrasi dengan Jalan Tol Jakarta-Cikampek,” imbuhnya.

Pada saat itu, untuk mencairkan kepadatan kendaraan tersebut, berdasarkan diskresi Kepolisian, Jasa Marga memberlakukan contraflow di Jalan Tol Jagorawi mulai dari Km 17 sampai Km 8, yakni dari Cimanggis hingga Pasar Rebo.

 

Baca Lainnya

Meski Macet, Puncak Tetap Jadi Tujuan Wisata Favorit Lelaki Jomblo Bernama Yudi

Meski Macet, Puncak Tetap Jadi Tujuan Wisata Favorit Lelaki…

Forumterkininews.id, Bogor – Peringatan hari raya Waisak yang jatuh pada Senin (16/5) dimanfaatkan masyarakat untuk berlibur. Kawasan Puncak, Kabupaten Bogor menjadi…
Pegawai Kejagung Tak Masuk Hari Pertama Kerja, Ketut: Dimaklumi

Pegawai Kejagung Tak Masuk Hari Pertama Kerja, Ketut: Dimaklumi

Forumterkininews.id, Jakarta – Kejaksaan Agung (Kejagung) memaklumi jajaran jaksa yang tidak bisa masuk pada hari pertama kerja pasca cuti bersama Hari…
Kakorlantas dan Wakapolri Pantau Arus Balik Lewat Udara: Padat, Tapi Bisa Jalan

Kakorlantas dan Wakapolri Pantau Arus Balik Lewat Udara: Padat,…

Forumterkininews.id, Cikampek – Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi bersama Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono melakukan pantauan udara terkait arus balik lebaran.…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *