Varian Baru Covid-19 Bernama IHU Terdeteksi di Prancis

Varian Baru Covid-19 Bernama IHU Terdeteksi di Prancis
(Weforum.org)

Forumterkininews.id, Paris – Ketika dunia bergulat dengan  varian  Omicron Covid-19 yang  sangat bermutasi, para ilmuwan mengidentifikasi jenis virus  Covid baru bernama ‘IHU’ di Prancis Selatan.

Bernama lain B.1.640.2, varian itu dilaporkan para peneliti di institut IHU Mediterranee Infection setidaknya dalam 12 kasus.

Namun, para peneliti mencatat bahwa terlalu dini untuk berspekulasi tentang bagaimana varian ini berkembang. Studi yang dipublikasikan MedRxiv pada 29 Desember, mengungkapkan, IHU memiliki 46 mutasi. Serta 37 penghapusan yang menghasilkan 30 substitusi asam amino dan 12 penghapusan.

“Set mutasi dan posisi filogenetik genom yang diperoleh di sini menunjukkan berdasarkan definisi kami sebelumnya. Varian baru yang kami beri nama IHU,” kata penulis penelitian dikutip AP, Rabu (5/1).

“Data ini adalah contoh lain dari ketidakpastian munculnya varian SARS-CoV-2, dan pengenalannya di wilayah geografis tertentu dari luar negeri,” tambah mereka.

B.1.640.2 belum diidentifikasi di negara lain sejauh ini atau diberi label varian yang sedang diselidiki oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut peneliti, kasus indeks (pertama) adalah orang dewasa yang didiagnosis positif oleh RTPCR. Hal ini dilakukan di laboratorium pada sampel nasofaring yang dikumpulkan pada pertengahan November tahun lalu.

Baca Lainnya

Covid-19 Bikin PM Selandia Baru Tunda Pernikahan

Covid-19 Bikin PM Selandia Baru Tunda Pernikahan

Forumterkininews.id, Auckland- Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terpaksa harus menunda pernikahannya setelah dia menerapkan aturan pembatasan kegiatan saat negara itu…
Eropa Disebut Menuju “Akhir Permainan” Pandemi Covid-19

Eropa Disebut Menuju “Akhir Permainan” Pandemi Covid-19

Forumterkininews.id, London- Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut varian Covid-19 Omicron telah mengubah pandemi ke fase baru dan dapat mengakhirinya di Eropa.…
Kasus Omicron Per Hari Ini Mencapai 1626 Orang

Kasus Omicron Per Hari Ini Mencapai 1626 Orang

Forumterkininews.id, Jakarta- Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Siti Nadia Tarmizi mengatakan angka kasus Omicron bertambah sebanyak 257 orang…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *