Sambil Nikmati SEA Games Vietnam: Jangan Lupa Mampir ke Ly Son

Sambil Nikmati SEA Games Vietnam: Jangan Lupa Mampir ke Ly Son
Pulau Ly Son Vietnam. (Foto: seagames2021.com)

Forumterkininews.id, Hanoi- Pesta Olahraga Asia Tenggara ke-31 (SEA Games) menjadi momen olahraga paling ditunggu di Asia Tenggara. Tahun ini, Vietnam menjadi tuan rumah untuk event olahraga yang digelar dua tahun sekali itu. Dilaporkan, sejumlah wisatawan mancanegara sudah tiba di Vietnam bahkan jauh- jauh hari sebelum SEA Games 2021 resmi dibuka.

Antusiasme wisatawan mancanegara menjadikan momen bagi pemerintah Vietnam untuk mengangkat industri pariwisatanya pasca dua tahun dihantam pandemi. Karena seperti yang kita semua tahu, berwisata ke Vietnam tak semahal ke negara- negara Eropa alias masih sangat terjangkau bagi wisatawan khususnya dari Asia.

Ha Long Bay, Danau Hoan Kiem, Kota Tua Hoi An, adalah sederet tempat wisata di Vietnam yang sudah cukup mendunia. Lalu bagaimana dengan Pulau Ly Son?

Dengan keindahan  yang terbentuk  dari letusan  gunung  berapi pada  jutaan tahun lalu, pulau Ly Son di provinsi Quang Ngai sebelah Timur Laut dengan gunung Thoi Loi,  merupakan destinasi yang wajib masuk daftar kunjungan bagi Anda yang  hendak atau sedang menonton SEA Games di Vietnam. Pasalnya, panitia SEA Games bahkan merekomendasikan tempat ini untuk dikunjungi.

Terletak di lepas pantai provinsi Quang Ngai tengah, Ly Son adalah tempat bertemunya budaya Champa, Sa Huynh, dan Dai Viet. Pulau ini memiliki empat peninggalan budaya nasional dan 14 peninggalan budaya provinsi.

Ly Son juga memiliki berbagai warisan budaya takbenda, termasuk ‘Le khao le the linh Hoang Sa’, yang diakui sebagai warisan budaya takbenda nasional.

Pulau ini merupakan geopark dengan geografi yang dibentuk oleh sepuluh gunung berapi dari zaman prasejarah. Itu juga merupakan rumah bagi armada Hoang Sa (Paracel) yang melindungi kepulauan Hoang Sa dan Truong Sa (Spratly) empat abad yang lalu.

Bahkan, Otoritas provinsi Quang Ngai pada akhir 2019 menyerahkan berkas ke Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), untuk meminta pengakuannya atas Ly Son sebagai geopark UNESCO.

Untuk bisa sampai ke Ly Son, pengunjung bisa menempuh satu jam perjalanan udara dari Ibukota Hanoi menuju Da Nang, kemudian menempuh perjalanan darat ke Quang Ngai.  Jadi, kapan mau ke Pulau Ly Son?

Baca Lainnya

Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga

Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga

Forumterkininews.id, Hanoi – Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara atau SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, Senin (23/5) ini resmi berakhir. Target…
Tim U-23 Indonesia Raih Perunggu, Menang Adu Penalti Vs Malaysia

Tim U-23 Indonesia Raih Perunggu, Menang Adu Penalti Vs…

Forumterkininews.id, Hanoi – Tim U-23 Indonesia merebut medali perunggu SEA Games 2021 setelah menang adu penalti melawan Malaysia 4-3 di Stadion…
Rebutan Perunggu Lawan Malaysia, Indonesia Krisis Pemain

Rebutan Perunggu Lawan Malaysia, Indonesia Krisis Pemain

Forumterkininews.id, Hanoi – Setelah gagal menembus final sepakbola SEA Games 2021, tim U-23 dituntut dapat membawa pulang medali perunggu dalam laga…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *