Opening Ceremony SEA Games 2021: Tim Indonesia Berseragam Kasual

Opening Ceremony SEA Games 2021: Tim Indonesia Berseragam Kasual
Kontingen Indonesia pada SEA Games 2021 saat dilepas resmi Presiden Jokowi di Istana Negara, 9 Mei 2022. (Foto: BPMI Setpres)

Forumterkininews.id, Hanoi – Opening Ceremony atau upacara pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara (SEA Games) ke-31 di Hanoi, Vietnam, Kamis (12/5) malam ini akan berlangsung di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi.

Lebih dari 5.000 atlet dari 11 negara peserta akan berlaga pada 40 cabang olahraga hingga 23 Mei mendatang. Kontingen Indonesia sendiri berjumlah 776 orang di mana sebanyak 499 di antaranya adalah atlet.

Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia di SEA Games 2021 Ferry Kono di Vietnam, Rabu (11/5),  mengatakan pada acara pembukaan ini sebanyak 30 atlet Indonesia akan memakai seragam kasual dan asesoris berupa penutup kepala dari sejumlah pakaian tradisional Tanah Air.

Seragam kasual dengan beragam asesoris ini dimaksudkan sebagai refleksi bahwa Tim Indonesia diperkuat hampir 60 persen oleh para atlet junior.

“Bajunya tidak terlalu berat, kasual saja dengan balutan warna merah dan putih. Dan masing-masing atlet akan menggunakan identitas dari kekayaan budaya Indonesia di 34 provinsi melalui topinya (penutup kepala),” kata Ferry Kono saat beramah tamah dengan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Deny Abdi.

Terkait pemakaian busana kasual yang dipadukan dengan asesoris berupa topi dari berbagai daerah di Tanah Air, Fery mengatakan, dimaksudkan juga sebagai bagian dari mempromosikan budaya bangsa. Selain itu, dapat memberikan kesan positif berupa kesederhanaan Indonesia dalam bersosialisasi dengan sesama bangsa Asia Tenggara.

Mengutip Tim Media Cdm Indonesia, Ferry Kono akan memimpin kontingen Indonesia dalam defile di May Dinh, malam mini. Sebagai pembawa bendera Indonesia dipercayakan kepada atlet lari gawang Emilia Nova.

SEA Games 2021 di Hanoi Vietnam sejatinya digelar pada 21 November hingga 2 Desember 2021. Namun karena pandemi Covid-19 panitia mengundurkan jadwal pada 12-23 Mei 2022.

Sementara itu jelang dibuka secara resmi ini Ferry juga mengingatkan kepada seluruh kontingen untuk terus menjaga prokes ketat demi menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengutip keterangan Tim Media CdM Indonesia, Ferry mengatakan bahwa kontingen Indonesia harus mewaspadai adanya permainan-permainan tertentu yang bisa menghambat penampilan Tim Indonesia.

“Kita ingin anak-anak tetap fokus, mengingat di sana sekarang sudah mulai ramai, dan ada beberapa indikasi-indikasi permainan tertentu yang mungkin harus kita waspadai kaitannya dengan hasil tes antigen, dimana ada beberapa atlet kita yang agak dirugikan, namun kita langsung melakukan tes ulang dan ternyata hasilnya negatif,” jelas Ferry.

Ini terkait dengan kejadian sebelumnya, dimana atlet Kickboxing Indonesia mendapatkan hasil positif ketika melakukan tes PCR di Hanoi, Vietnam.

 

Baca Lainnya

Infografis Capaian Indonesia Pada SEA GAMES 2021

Infografis Capaian Indonesia Pada SEA GAMES 2021

Baca Juga: Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga
Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga

Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga

Forumterkininews.id, Hanoi – Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara atau SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, Senin (23/5) ini resmi berakhir. Target…
Tim U-23 Indonesia Raih Perunggu, Menang Adu Penalti Vs Malaysia

Tim U-23 Indonesia Raih Perunggu, Menang Adu Penalti Vs…

Forumterkininews.id, Hanoi – Tim U-23 Indonesia merebut medali perunggu SEA Games 2021 setelah menang adu penalti melawan Malaysia 4-3 di Stadion…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *