Mengenal Burn-out, Istilah Stres Ala Milenial

Mengenal Burn-out, Istilah Stres Ala Milenial
(Ilustrasi Burnout/vantagecircle.com)

Forumterkininews.id, Jakarta – Pernah mendengar istilah Burn-out? atau bahkan kamu pernah menemukannya di media sosial?. Ya, kata Bornout bukan hal aneh lagi bagi kaum milenial dan generasi Z saat ini. Burn-out adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pribadi yang tengah dalam kondisi lelah dan mengakibatkan stres. Tapi, apa sebenarnya Burn-out itu?

Melansir situs resmi WHO, Burn-out adalah sebuah sindrom atau keadaan yang digambarkan sebagai akibat dari stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola. Burn-out mengacu secara khusus pada fenomena dalam konteks pekerjaan dan tidak boleh diterapkan untuk menggambarkan pengalaman di bidang kehidupan lainnya.

Burnout sendiri dibagi dalam  tiga hal yakni kelelahan secara mental dan emosional. Menurunnya keinginan untuk mencapai sesuatu, serta penurunan produktivitas.

Faktor penyebab Burn-out ada beberapa hal, yakni :
• Kesepian. Tentu sebagai makhluk sosial, ketika kamu lebih banyak menghabiskan waktu sendiri terutama selama pandemi ini, maka risiko kamu kena burnout lebih besar. Hal ini karena memang bersosialisasi dan bertemu orang  lain sangat penting untuk menjaga kesehatan mentalmu.

Long work hours. Kerja terlalu lama itu juga bukanlah hal yang baik. Kok bisa sih? bukannya lama kerja bikin tambah cuan ya? eitsss kata siapa? Riset membuktikan bahwa jam kerja yang panjang juga bisa meningkatkan risiko kematian. Mulai dari stroke maupun sakit jantung. Jadi idealnya 8-9 jam sehari. Biasanya sih jam 9 sampai 5 sore.

Available 24 jam. Waduh kalo yang ini sih kamu ngalahin Ambulance dan Damkar yang siap siaga 24 jam. Kalau kamu gampang banget dikontak via email, DM, SMS, maupun Zoom selama 24/7, maka potensi kamu bakal merasa burnout itu besar banget. Makanya kamu harus memanage dengan baik kapan waktu kerja dan istirahat.

Lalu, apa sih ciri-ciri seseorang sedang mengalami Burnout?

1. Merasakan gangguan kecemasan dan depresi dalam kehidupan sehari-hari.

2. Gangguan jantung, ditandai dengan detak jantung yang engga biasa

3. Males alias nggak  semangat.

4. Susah mikir dan kehilangan fokus. Biasanya karena hormon stres di tubuh kamu.

5. Sensi. Kamu jadi sensitif banget, gampang kesel dan sinis, dan sebagai coping mechanism kamu bisa aja malah melampiaskan itu ke overeating, retreating, hingga penggunaan obat-obatan maupun alkohol. Bahaya kan? so, tetap lakukan hal positif ya, istirahat adalah pilihan yang tepat.

6. Tidur enggak nyenyak, insomnia

7.  Sakit perut. Karena stres yang terus-terusan bisa bikin sistem pencernaan kamu terganggu, dan kamu jadi lebih sering sakit perut, mual, maag, dll.

Jadi, kalau tubuh sudah mulai berontak akibat kerjaanmu yang over, solusinya adalah kamu bisa mengimbaginya dengan istirahat yang cukup dan banyak minum air putih. Stay Healthy, Stay Happy !

Baca Lainnya

Infografis Burnout Kejenuhan atau stres akut

Infografis Burnout Kejenuhan atau stres akut

Baca Juga: Mengenal Burn-out, Istilah Stres Ala Milenial

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *