Korut Luncurkan Tiga Rudal Balistik Usai Deteksi Covid Pertama

Korut Luncurkan Tiga Rudal Balistik Usai Deteksi Covid Pertama
(Rudal Korea Utara/ Indiatoday)

Forumterkininews.id, Pyongyang – Korea Utara menembakkan tiga rudal balistik ke arah laut, Kamis (12/5). Hal ini dilakukan beberapa jam setelah mengkonfirmasi adanya warga Korut yang terjangkit virus corona pertamanya.

Melansir CNA, itu adalah rudal pertama yang ditembakkan sejak presiden baru Korea Selatan yang konservatif Yoon Suk-yeol menjabat pada hari Selasa. Berita itu juga muncul di tengah jadwal kunjungan Presiden AS Biden ke ibu kota Korea Selatan minggu depan. Kekhawatiran tentang senjata Korea Utara diperkirakan akan menjadi topik prioritas tinggi.

Profesor Universitas Wanita Ewha Leif-Eric Easley memperkirakan bahwa wabah virus Korea Utara akan memicu periode di mana pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akan dipaksa untuk menjadi kurang tertarik pada uji coba nuklir atau rudal dan sebaliknya lebih fokus pada penyelesaian virus corona.

Profesor studi internasional itu juga menambahkan bahwa agar Pyongyang secara terbuka mengakui kasus omicron, situasi kesehatan masyarakat harus ditanggapi serius.

Kantor Berita Pusat Korea yang dikelola pemerintah mengkonfirmasi bahwa sampel virus yang dikumpulkan pada hari Minggu adalah dari varian omicron.

Baca Juga : Temukan Kasus Covid Pertama, Korut Langsung Lockdown

Baca Lainnya

Kemenag Prediksi Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lebih Longgar

Kemenag Prediksi Pelaksanaan Ibadah Haji 2022 Lebih Longgar

Forumterkininews.id, Jakarta – Kementerian Agama (Kemenag) memprediksi pelaksanaan haji 1443 H/2022 di masa pandemi Covid-19 lebih longgar terutama pada puncak haji…
Menko PMK: Calon Jemaah Haji yang Belum Vaksin Tidak Diberangkatkan

Menko PMK: Calon Jemaah Haji yang Belum Vaksin Tidak…

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah mensyaratkan calon jemaah haji setidaknya sudah menerima vaksin Covid-19 dua dosis untuk berangkat ke Tanah Suci. Hal…
Infografis Upaya Kim Jong Un Redam Covid-19

Infografis Upaya Kim Jong Un Redam Covid-19

Baca Juga: Perjalanan Covid-19 di Korea Utara

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *