Kementan Siapkan Tenaga Medis Terlatih Tangani Merebaknya PMK

Kementan Siapkan Tenaga Medis Terlatih Tangani Merebaknya PMK
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Forunterkininews.id, Jakarta- Kementerian Pertanian (Kementan) siapkan tenaga medis terlatih yang tanggap untuk menangani Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan. Kementan pun melakukan transfer of knowledge atau transfer pengetahuan kepada SDM peternakan melalui pelatihan pengendalian PMK.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan pelatihan ini memiliki arti penting sebagai salah satu upaya dalam mengendalikan dan menangani PMK melalui peningkatan kualitas kompetensi SDM Pertanian/Peternakan,

“Para peserta pelatihan yang meliputi Medik Veteriner, Paramedik Veteriner, Koordinator BPP, Penyuluh Peternakan, dan Pengelola P4S,” kata Mentan, Kamis (12/5).

Merebaknya kasus PMK di sejumlah Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur dan Aceh, kata Mentan, memerlukan upaya nyata untuk segera mengendalikan.

Ia mengatakan, salah satunya dengan memanfaatkan transfer of knowledge bagi petugas pendamping mendukung upaya pencegahan dan penanggulangan PMK secara cepat dan masif.

Menurut Mentan, dengan peningkatan kualitas pelatihan di UPT  akan menghasilkan purnawidya-purnawidya yang berkualitas untuk dapat segera menangani dan mengendalikan PMK dan potensi kendala-kendala lainnya.

Petugas pendamping peternakan, lanjut dia, juga harus dapat menambah wawasan pengetahuan dalam mengedukasi petani/peternak, serta meningkatkan kesejahteraan petani/peternak di wilayah binaannya.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan BPPSDMP akan memanfaatkan berbagai kegiatan transfer of knowledge untuk mendukung upaya penanggulangan PMK.

“Untuk menanggulangi PMK ada berbagai cara, ada berbagai teknik, ada berbagai pendekatan. Jadi pelatihan ini sangat penting dan urgent,” ujarnya.

Tata cara dan tahapan dalam menanggulangi PMK perlu diketahui pasti. wajib hukumnya memahami apa itu PMK, bagaimana cara dan tahapan menanggulangi nya. “Dengan pertimbangan itu, Kementan melaksanakan pelatihan pengendalian PMK. Pada saat ini kita harus bahu membahu bersinergi secara harmonis menanggulangi PMK,” ujar Mentan.

Baca Lainnya

Infografis Penyakit Mulut dan Kuku Terdeteksi di 15 Provinsi

Infografis Penyakit Mulut dan Kuku Terdeteksi di 15 Provinsi

Baca Juga: Mentan: Belum Ada Pemusnahan Hewan Ternak Terjangkit PMK
Mentan: Belum Ada Pemusnahan Hewan Ternak Terjangkit PMK

Mentan: Belum Ada Pemusnahan Hewan Ternak Terjangkit PMK

Forimterkininews.id, Jakarta- Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan belum ada kesepakatan terkait pemusnahan hewan ternak yang terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK). Hal…
Dedi Mulyadi: PMK Bawa Efek Domino bagi Perternak

Dedi Mulyadi: PMK Bawa Efek Domino bagi Perternak

Forunterkininews.id, Jakarta- Wakil Ketua Komisi IV DPR Fraksi Golkar Dedi Mulyadi mengatakan bahwa penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *