Jurnalis Al-Jazeera Tewas Ditembak di Israel

Jurnalis Al-Jazeera Tewas Ditembak di Israel
(Shireen Abu Akleh/AP)

Forumterkininews.id, Yerusalem – Seorang jurnalis Al-Jazeera tewas ditembak saat meliput serangan Israel di kota Jenin, Tepi Barat pada Rabu (11/5).

Jurnalis itu diketahui bernama Shireen Abu Akleh, seorang wanita asal Palestina. Wartawan Palestina lainnya yang bekerja untuk surat kabar Al-Quds yang berbasis di Yerusalem juga dilaporkan terluka tetapi dalam kondisi stabil.

Dalam tragedi ini, kantor berita Al-Jazeera yang berbasis di Qatar menyalahkan Israel. Dalam sebuah pernyataan yang ditayangkan di salurannya, ia meminta komunitas internasional mengutuk tindakan Israel.

“Kami meminta tanggungjawab pasukan Israel karena sengaja menargetkan dan membunuh rekan kami, Shireen Abu Akleh.” kata pihak Al-Jazeera dikutip AP.

Dalam rekaman video tersebut, Abu Akleh terlihat mengenakan jaket antipeluru berwarna biru yang ditandai  jelas dengan kata “PRESS”.

Merespon itu, Israel justru mengelak dan menyalahkan Palestina. Militer Israel sedang mencari kemungkinan bahwa para wartawan itu ditembak oleh orang-orang bersenjata Palestina. Diketahui, Israel telah melakukan serangan hampir setiap hari di Tepi Barat yang diduduki dalam beberapa pekan terakhir di tengah serangkaian serangan mematikan di sekitar Jenin. Kota itu, dan khususnya kamp pengungsinya, telah lama dikenal sebagai benteng militan.

Israel juga telah lama mengkritik liputan Al-Jazeera, tetapi pihak berwenang umumnya mengizinkan jurnalisnya untuk beroperasi secara bebas. Reporter Al-Jazeera lainnya, Givara Budeiri, ditahan sebentar tahun lalu selama protes di Yerusalem dan dirawat karena patah tangan.

Hubungan antara pasukan Israel dan media, terutama jurnalis Palestina, tegang sejak dulu. Sejumlah wartawan Palestina telah terluka oleh peluru karet atau gas air mata saat meliput demonstrasi di Tepi Barat.

Seorang jurnalis Palestina di Gaza bahkan ditembak dan dibunuh oleh pasukan Israel saat merekam protes kekerasan di sepanjang perbatasan Gaza pada 2018.

Baca Lainnya

Satu Warga Palestina Tewas, 90 Luka-luka Usai Bentrok dengan Tentara Israel

Satu Warga Palestina Tewas, 90 Luka-luka Usai Bentrok dengan…

Forumterkininews.id, Gaza – Seorang remaja Palestina tewas dan lebih dari 90 lainnya terluka dalam bentrokan dengan tentara Israel di dekat kota…
Soal Larangan Masuk UAS, Pemerintah Singapura: Ekstremis Tidak Diterima Disini

Soal Larangan Masuk UAS, Pemerintah Singapura: Ekstremis Tidak Diterima…

Forumterkininew.id, Jakarta – Pemerintah Singapura melalui Ministry of Home Affairs (MHA) memberikan klarifikasi terkait penolakan kedatangan Ustaz Abdul Somad ke Singapura.…
Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Jurnalis yang Tewas di Israel

Ribuan Orang Hadiri Pemakaman Jurnalis yang Tewas di Israel

Forumterkininews.id, Yerusalem – Ribuan orang menghadiri  pemakaman seorang jurnalis Al Jazeera Shireen Abu Akleh  yang ditembak mati dalam serangan militer Israel,…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *