Inflasi di Argentina Direspon dengan Demonstrasi Warga dan Buruh

Inflasi di Argentina Direspon dengan Demonstrasi Warga dan Buruh
(Protes di Bueno Aires, Argentina akibat inflasi/karatas.com)

Forumterkininews.id, Bueno Aires- Ribuan orang Argentina memadati pusat kota Buenos Aires  pada Kamis (12/5) saat menggelar protes besar-besaran terhadap inflasi yang melonjak di negara Amerika Selatan itu.

Aksi yang dijuluki “demonstasi federal untuk pekerjaan dan gaji, dan melawan kelaparan dan kemiskinan” itu didukung ribuan orang yang datang dari luar wilayah ibu kota. Hal ini merupakan respon seruan dari berbagai serikat pekerja dan kelompok sayap kiri yang mengecam kebijakan sosial Presiden Alberto Fernandez. Dimana Fernandez dituding berhaluan kiri-tengah.

Protes menjadi lebih sering terjadi sejak awal tahun di saat perekonomian Argentina tidak menunjukkan tanda-tanda dapat membendung tren inflasi.

Seruan untuk melakukan protes menjadi lebih sering sejak awal tahun, karena ekonomi Argentina tidak menunjukkan tanda-tanda untuk membendung tren inflasi. Dalam empat bulan pertama 2022, harga naik 23 persen. Termasuk lonjakan 6 persen pada April, menurut angka yang diterbitkan Kamis, dikutip Reuters.

Baca Juga :  IMF Desak Sri Lanka Naikkan Pajak untuk Bayar Utang

Setelah mencatat inflasi lebih dari 50 persen pada tahun 2021, tingkat inflasi saat ini bahkan akan melampaui perkiraan terburuk sebesar 60 persen pada akhir tahun.

Tak hanya itu, para pengunjuk rasa juga marah pada pembatasan anggaran pemerintah,  yang akan melihat negara itu mengurangi defisit tahunannya dari 3 persen dari PDB pada tahun 2021 menjadi nol pada tahun 2025.

Meski demikian, Presiden Argentina tidak berdiam diri. Dalam beberapa minggu terakhir, Fernandez berupaya mengatasi krisis yang terjadi. Salah satunya dengan menambah 50 persen kupon makanan untuk orang miskin. Kemudian meningkatkan pensiun bagi mereka yang bekerja di sektor informal. Juga menaikkan upah minimum.

Baca Lainnya

Hadapi Lonjakan Inflasi, Pemerintah Perkuat Bantalan Sosial

Hadapi Lonjakan Inflasi, Pemerintah Perkuat Bantalan Sosial

Forumterkininews.id, Jakarta – Meski tengah menghadapi lonjakan komoditas global dan disrupsi rantai pasok dunia akibat krisis geopolitik antara Ukraina dan Rusia,…
Jelang Ramadan, Pemprov DKI Pastikan Ketersediaan 9 Bahan Pokok Aman

Jelang Ramadan, Pemprov DKI Pastikan Ketersediaan 9 Bahan Pokok…

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemprov DKI Jakarta memastikan ketersediaan stok dan pasokan kebutuhan pangan selama bulan Ramadan dan Idulfitri Tahun 2022 (1443…
Kereta Tergelincir di Argentina, 21 Penumpang Terluka

Kereta Tergelincir di Argentina, 21 Penumpang Terluka

Forumterkininews, Buenos Aires – Sedikitnya 21 orang terluka usai sebuah kereta api antar kota tergelincir di dekat kota timur Olavarría, Argentina,…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *