Indonesia Gulung Filipina, Peluang ke Semifinal Makin Terbuka

Indonesia Gulung Filipina, Peluang ke Semifinal Makin Terbuka
Tim U-23 Indonesia. (Foto: PSSI)

Forumterkininews.id, Hanoi – Tim U-23 Indonesia memperbesar peluang lolos ke babak semifinal setelah menggulung Filipina 4-0 dalam lanjutan penyisihan Grup A sepakbola SEA Games 2021 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Jumat (13/5).

Tambahan poin penuh “Garuda Muda” membawa Indonesia ke peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan 6 poin. Indonesia berhasil menggeser posisi Myanmar yang dalam laga lainnya, kalah lawan tuan rumah Vietnam 0-1.

Vietnam sendiri memuncaki klasemen sementara dengan catatan 7 poin hasil dua kali menang dan satu kali seri. Myanmar merosot ke posisi ketiga dengan 6 poin, Filipina turun ke posisi keempat (4 poin,) diikuti Timor Leste di posisi juru kunci tanpa nilai.

Empat gol Indonesia diciptakan Muhammad Ridwan, Rizky Ridho Ramadhani, Egy Maulana Vikri, dan penalti Marselino Ferdinan.

Tampil dengan menempatkan tiga penyerang di depan Egy Maulana, Muhammad Ridwan, dan Witan Sulaeman, permainan Indonesia terlihat lebih menggigit. Suport dari barisan tengah yang ditepati Syahrian Abimanyu, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya, menghidupkan serangan-serangan yang dibangun Indonesia.

Pemain debutan Muhammad Ridwan mengawali kemenangan Indonesia pada menit ke-18 setelah memanfaatkan umpan Egy Maulana. Tim asuhan pelatih Shin tae-yong ini sempat mengalami kebuntuan sebelum akhirnya pemain belakang Rizky Ridho menggetarkan gawang Filipina untuk kedua kalinya pada menit ke-44. Rizky meneruskan umpan tendangan bebas yang dilepaskan Syahrian Abimanyu.

Selanjutnya, memasuki babak kedua Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain dengan memasukan Ilham Rio Fahmi, Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Ronaldo Kwateh. Kendati sempat tersendat, namun gol tetap bisa diciptakan.

Menit ke-74 Egy Maulana memperbesar keunggulan Indonesia menjadi 3-0 meneruskan umpan Irfan Jauhari. Gol egy sekaligus menjadi gol keduanya. Pemain yang merumput bersama FK Senica itu sebelumnya sudah mencetak satu gol saat melawan Timor Leste.

Sedangkan satu gol tambahan Indonesia dihasilkan dari titik penalti lewat eksekusi Marselino di menit ke-85. Penalti didapat setelah Ronaldo Kwateh dilanggar pemain Filipina di kotak terlarang.

 

Baca Lainnya

Infografis Capaian Indonesia Pada SEA GAMES 2021

Infografis Capaian Indonesia Pada SEA GAMES 2021

Baca Juga: Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga
Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga

Hari Ini SEA Games 2021 Berakhir, Indonesia Peringkat Tiga

Forumterkininews.id, Hanoi – Pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara atau SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam, Senin (23/5) ini resmi berakhir. Target…
Tim U-23 Indonesia Raih Perunggu, Menang Adu Penalti Vs Malaysia

Tim U-23 Indonesia Raih Perunggu, Menang Adu Penalti Vs…

Forumterkininews.id, Hanoi – Tim U-23 Indonesia merebut medali perunggu SEA Games 2021 setelah menang adu penalti melawan Malaysia 4-3 di Stadion…

1 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *