Indonesia dan Kamboja Sepakati MoU Kerja Sama Pariwisata

Indonesia dan Kamboja Sepakati MoU Kerja Sama Pariwisata
(Mou Pariwisata Indonesia-Kamboja/Dok Kemenlu)

Forumterkininews.id, PhnomPenh- Indonesia dan Kamboja sepakat meningkatkan kerja sama di bidang pariwisata melalui Memorandum of Understanding (MoU). Kerjasama ini mengikat setelah ditandatangani Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno dan Menteri Pariwisata Kamboja, Thong Khon.

MoU Pariwisata Indonesia-Kamboja meliputi beberapa bidang kerja sama. Diantaranya kerja sama promosi dan pemasaran wisata, pengelolaan destinasi wisata, kerja sama swasta. Kemudian peningkatan kapasitas, kerja sama pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran (MICE) dan event, dan konektivitas.

Melansir situs resmi Kemenlu.go.id, Rabu (19/1),  kesepakatan tersebut ditandatangani di sela-sela kegiatan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Sihanoukville, Kamboja, Selasa, (18/1).

Menteri Pariwisata Kamboja, Thong Khon menyatakan, penandatanganan MoU ini menandai babak baru kerja sama pariwisata di antara kedua negara. Apalagi saat ini ASEAN terus berupaya untuk membangkitkan ekonomi kawasan yang melemah akibat pandemi.

Sementara itu, menurut Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, MoU merupakan simbol semangat kedua negara untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata kedua negara. Hal ini dilakukan demi kesejahteraan rakyat sekaligus sebagai bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional.

MoU ini merupakan pembaharuan antara Indonesia dan Kamboja tentang Kerja Sama Pariwisata yang ditandatangani di Jakarta pada 16 Maret 1999.

Diketahui, dalam kerangka pengembangan kapasitas, KBRI Phnom Penh telah dan tengah melakukan beberapa inisiatif kerja sama di bidang pariwisata. Salah satunya, KBRI memberikan pelatihan Bahasa Indonesia bagi para pegawai dan pemandu wisata Kamboja dan akan memberikan pelatihan dasar pariwisata halal.

Sedangkan dalam rangka promosi wisata pada November 2021, KBRI menyelenggarakan Virtual Familiarization Trip bertema “Exploring the Land of Sunda” untuk mempromosikan destinasi wisata di Jawa Barat, yang disambut antusias oleh warga Kamboja.

Baca Lainnya

SEA Games 2021: Tambah 7 Emas, Indonesia ke Posisi Ketiga

SEA Games 2021: Tambah 7 Emas, Indonesia ke Posisi…

Forumterkininews.id, Hanoi – Indonesia kembali memperbaiki posisinya dari urutan keempat ke urutan ketiga dalam perolehan medali SEA Games 2021 hingga hari…
Semifinal SEA Games, Babak Pertama Indonesa-Thailand Masih 0-0

Semifinal SEA Games, Babak Pertama Indonesa-Thailand Masih 0-0

Forumterkininews.id, Jakarta – Menjalani laga semi-final Sea Games, Timnas Indonesia tampil gemilang di babak pertama menghadapi Thailand. Digelar di Stadion Thein…
Indonesia Kalahkan Myanmar 3-1: Lanjut Semifinal

Indonesia Kalahkan Myanmar 3-1: Lanjut Semifinal

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim Nasional Indonesia memastikan melaju ke babak semifinal setelah mengalahkan Myanmar 3-1 dalam laga terakhir Grup A SEA…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *