G7 ke Taliban: Berhenti Batasi Hak Perempuan

G7 ke Taliban: Berhenti Batasi Hak Perempuan
(Perempuan Afghanistan/AP)

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri luar negeri Kelompok Tujuh (G7) Josep Borell meminta Taliban untuk berhenti membatasi hak-hak perempuan di Afghanistan.

Pernyataan itu muncul usai G7 melihat adanya peningkatan pembatasan yang diberlakukan oleh Taliban. Khususnya terhadap hak-hak perempuan dan anak perempuan di Afghanistan.

“Dengan langkah-langkah ini, Taliban semakin mengisolasi diri mereka dari komunitas internasional,” kata Borell yang juga menjabat kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, dikutip Xinhua.

Dalam sebuah pernyataan bersama yang diterbitkan oleh Prancis, mereka meminta Taliban mengambil tindakan segera. Diantaranya mencabut pembatasan pada perempuan dan anak perempuan. Kemudian menghormati hak asasi mereka.

Taliban, yang kembali berkuasa ketika pemerintah Afghanistan runtuh tahun lalu, telah memerintahkan perempuan untuk menutupi wajah mereka di depan umum, dalam langkah lain menuju kekuasaan garis keras masa lalu mereka.

Seperti diberitakan sebelumnya, Taliban memerintahkan semua wanita Afghanistan untuk mengenakan burka yang menutupi seluruh badan di depan umum.

Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan membacakan dekrit dari pemimpin tertinggi kelompok itu Hibatullah Akhundzada, pada konferensi pers di Kabul, Sabtu (7/5).

Sebelumnya Taliban juga mewajibkan para perempuan bepergian harus didampingi suami ataupun kerabatnya. Jika tidak dilakukan, maka perempuan tersebut tidak bisa melakukan perjalanan.

Baca Lainnya

Kocak, Taliban Wajibkan Presenter TV Wanita Afghanistan Tutup Wajah Saat Siaran

Kocak, Taliban Wajibkan Presenter TV Wanita Afghanistan Tutup Wajah…

Forumterkininews.id, Kabul – Otoritas Taliban di Afghanistan memerintahkan penyiar televisi wanita di seluruh saluran di negara itu menutupi wajah mereka saat…
Taliban Wajibkan Wanita Afghanistan Pakai Burka di Tempat Umum

Taliban Wajibkan Wanita Afghanistan Pakai Burka di Tempat Umum

Forumterkininews.id, Kabul- Taliban telah memerintahkan semua wanita Afghanistan untuk mengenakan burka yang menutupi seluruh badan di depan umum. Kementerian Penyebaran Kebajikan…
Enam Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Enam Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Afghanistan

Forumterkininews.id, Kabul – Sedikitnya enam orang tewas termasuk pelajar, dan 17 lainnya cedera dalam ledakan yang menargetkan institusi pendidikan di Kabul,…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *