Begini Teknis Penunjukan Pj Gubernur Menurut Mendagri

Begini Teknis Penunjukan Pj Gubernur Menurut Mendagri

Forunterkininews.id, Jakarta – Usai melantik lima orang Pejabat Gubernur yang sudah habis masa jabatannya, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan kembali melantik Pejabat Gubernur yang lain. Diantaranya Pejabat Gubernur Aceh dan DKI.

Mantan Kapolri itu mengatakan, sebelum menunjuk seseorang untuk menjadi pejabat kepala daerah, pihaknya melakukan penjaringan. Penjaringan ini dengan mendengar masukan berbagai pihak. Seperti tokoh masyarakat, kemudian instansi terkait dan pihak Kemendagri sendiri.

Setelah terjaring beberapa nama. Selanjutnya nama tersebut diserahkan ke Presiden dengan segala pertimbangannya. Seperti kepada Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) Paulus Waterpauw. Dimana dirinya ditunjuk  sebagai Pejabat Gubernur Papua Barat atas usulan masyarakat setempat. Mantan Kapolda Papua ini dinilai memiliki kepimimpinan yang mumpuni untuk wilayah paling timur Indonesia tersebut.

“Untuk Aceh sendiri kita sedang ada penjaringan. Dimana nantinya sebulan sebelumnya sudah didapatkan beberapa nama. Kemudian diambil tiga nama yang akan diajukan ke Presiden,” ujarnya seusai melantik penjabat lima Gubernur di Kemendagri, Jakarta Kamis (12/5).

Terdekat adalah pelantikan Pejabat Gubernur Aceh. Saat ini sudah ada nama-nama yang dikantongi untuk diserahkan ke Presiden. Bulan depan akan ada pelantikan lagi.

Lebih lanjut kata Tito, pejabat gubernur itu memiliki tanggung jawab untuk membuat laporan tugasnya secara periodik. “Undang-undang menyatakan seperti itu, peraturan pemerintah menyatakan juga seperti itu. Tiga bulan sekali para penjabat Bupati, Walikota pembuat laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas kepada Mendagri melalui Gubernur,” ungkap Mendagri.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik lima Pejabat atau Pj Gubernur Lima provinsi di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Kamis (12/5).

Penjabat gubernur diangkat untuk menggantikan sementara gubernur-wakil gubernur yang habis masa jabatannya. Pj gubernur akan menjabat hingga ada kepala daerah baru hasil pilkada 2024.

 

Baca Lainnya

Wagub DKI: Siapapun Pengganti Anies Akan Kita Dukung

Wagub DKI: Siapapun Pengganti Anies Akan Kita Dukung

Forumterkininews.id, Jakarta- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta siap mendukung pengganti Gubernur Anies Baswedan yang masa baktinya akan berakhir pada 16 Oktober 2022.…
Mendagri: Usulan Penjabat Diatur Sesuai Mekanisme Undang-Undang

Mendagri: Usulan Penjabat Diatur Sesuai Mekanisme Undang-Undang

Forumterkininews.id, Manado- Usulan penjabat kepala daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah diatur sesuai mekanisme Undang-Undang (UU) dan asas profesionalitas. Hal…
Komisi II DPR Minta Pemerintah Transparan Soal Penunjukan Pj Kepala Daerah

Komisi II DPR Minta Pemerintah Transparan Soal Penunjukan Pj…

Forumterkininews.id, Jakarta – Wakil Ketua Komisi II Saan Mustopa DPR meminta pemerintah membentuk peraturan turunan dalam bentuk peraturan tertulis terkait penentuan…

1 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *