Begini Perjalanan Karier Penjabat Gubernur Papua Barat di Korps Bhayangkara

Begini Perjalanan Karier Penjabat Gubernur Papua Barat di Korps Bhayangkara
Pj Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw saat mengucapkan sumpah jabatan (Foto: Agung Nugroho)

Forumterkininews.id Jakarta – Komisaris Jenderal (Komjen) (Purn) Paulus Waterpauw resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Papua Barat oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Kamis (12/5).

Paulus Waterpauw sebelumnya menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP). sejak Oktober 2021. Kini diangkat Tito Karnavian menjadi pejabat sementara Gubernur Papua Barat.

Komjen Polisi (Purn) Paulus Waterpauw lahir 25 Oktober 1963. Paulus Waterpauw. Dirinya lulus dari Akademi Kepolisian (Akpol) pada 1987. Setelah lulus dari Akpol, dia masuk ke perguruan tinggi (PTIK) pada 1996.

Awal menjadi anggota polisi, Paulus Waterpauw bertugas di bidang intel. Sejak pertama menjadi anggota polri, Paulus Waterpauw bertugas sebagai Pamapta Polresta Surabaya Timur Polda Jatim pada 8 Desember 1987. Satu tahun kemudian, menjadi Wakasat Serse Polresta Surabaya Timur Polda Jatim pada 27 Desember 1988.

Selanjutnya, Paulus Waterpauw menjabat Kanit Interkrim Sat IPP Polwiltabes Surabaya Polda Jatim pada 12 Desember 1990. Kemudian Kasat Intel Pam Polres Mojokerto Polda Jatim pada 2 Desember 1992. Itulah gambaran singkat perjalanan Waterpauw berkarier di Korps Bhayangkara.

Paulus Waterpauw pernah menjadi komandan upacara pada Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-61 pada 17 Agustus 2006 di Istana Merdeka. Saat itu Waterpauw masih berpangkat Kombes Pol. Jenderal bintang tiga ini juga merupakan eks Kapolda Papua Barat pada 2014, dan dua kali menjabat sebagai Kapolda Papua pada 2015 serta 2019.

Jabatan kepolisian terakhir Jenderal Bintang Tiga ini adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri pada 18 Februari 2021.

Pensiun dari Polri Masuk  Kemendagri

Setelah mengajukan pensiun dari dinas kepolisian, Paulus resmi dilantik menjadi Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (21/10).

Putra asli Papua itu ditunjuk Presiden Joko Widodo menduduki jabatan baru sebagai Deputi BNPP Depdagri. Hal ini tertuang dalam surat keputusan Presiden Indonesia Nomor 147/TPA tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan pimpinan tinggi madya di lingkungan BNPP.

Sebelumnya, Paulus juga pernah bertugas di Lemhanas sebagai Tenaga Ahli Bidang Hukum dan HAM Lemhannas RI pada 13 Agustus 2018, dan Analis Kebijakan Utama bidang Sespimti Sespim Lemdiklat Polri pada 14 Oktober 2018.

Baca Lainnya

Mendagri: Usulan Penjabat Diatur Sesuai Mekanisme Undang-Undang

Mendagri: Usulan Penjabat Diatur Sesuai Mekanisme Undang-Undang

Forumterkininews.id, Manado- Usulan penjabat kepala daerah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah diatur sesuai mekanisme Undang-Undang (UU) dan asas profesionalitas. Hal…
Infografis Karier Paulus Waterpauw di Korps Bhayangkara

Infografis Karier Paulus Waterpauw di Korps Bhayangkara

Baca Juga: Begini Perjalanan Karier Penjabat Gubernur Papua Barat di Korps Bhayangkara
Akmal Malik, Pj Gubernur Sulbar yang Luncurkan e-Perda

Akmal Malik, Pj Gubernur Sulbar yang Luncurkan e-Perda

Forumterkininews.id, Jakarta- Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melantik Akmal Malik sebagai penjabat (pj) gubernur Sulawesi Barat di Kantor Kementerian Dalam Negeri,…

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *